Sabtu, 09 Agustus 2014

Contoh Laporan Hasil Penelitian dari Skripsi


LAPORAN HASIL PENELITIAN
KEBIJAKSANAAN PROMOSI YANG DITERAPKAN DALAM MEMASARKAN SEPEDA MOTOR YAMAHA DAN PENGARUHNYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. ALFA SCORPII MEDAN

I.                   PENDAHULUAN
            Tujuan terakhir dari seluruh kegiatan pemasaran adalah meningkatkan volume penjualan semaksimal mungkin. Jika produsen ingin mencapai tujuan tersebut, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah promosi. Sebab tidak ada suatu perusahaan pun yang dapat bertahan bilamana perusahaan itu tidak mampu memasarkan barang atau jasa yang dihasilkannya. Promosi merupakan semua jenis kegiatan pemasaran untuk mendorong permintaan atau mencari pembeli. Melalui promosi ini perusahaan diharapkan dapat menggunakan berbagai sarana komunikasi untuk meyakinkan pembeli tentang produk yang ditawarkan oleh perusahaan. Dengan kebijaksanaan ini perusahaan akan dapat menghasilkan penjualan yang lebih meningkat, yang tentunya dapat pula meningkatkan keuntungan perusahaannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada PT. Alfa Scorpii Medan, ditemukan masalah yang dihadapi bahwa perusahaan belum mampu menerapkan kebijaksanaan promosi periklanan, sehingga volume penjualan kurang meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kebijaksanaan promosi yang dilakukan perusahaan di dalam memasarkan barangnya, untuk memperdalam pengetahuan penulis mengenai promosi, dan untuk meneliti serta mengetahui masalah yang dihadapi perusahaan dalam memasarkan hasil produksinya.
II.                 HASIL PENELITIAN
                Kegiatan marketing merupakan bagian terpenting dalam memanfaatkan dan menyalurkan sumber sumber produksi/jasa yang kebanyakan terdapat di daerah pedesaan dan juga mempercepat penyaluran sarana produksi pertanian, seperti pupuk, obat obatan, bibit unggul, dan sebagainya. Peranan marketing sejak dulu hingga sekarang telah mengalami perubahan, bahwa sekarang lebih dinamis, kompleks, dan luas. Dalam kegiatan promosi, termasuk usaha perusahaan untuk memperkenalkan produk, meyakinkan, dan mengingat kembali produk kepada pembeli sehingga tergerak hati mereka untuk membeli produk secara sukarela.
                Kegiatan promosi ini meliputi aktivitas yang erat kaitannya dengan periklanan, personal selling, publisitas dan promosi penjualan. Sehingga dengan demikian diharapkan volume penjualan barang atau jasa dapat ditingkatkan. Oleh karena luasnya ruang lingkup kegiatan promosi suatu perusahaan, maka dalam kegiatan komponen ini harus direncanakan, diarahkan, dan dikendalikan dengan baik secara terus menerus. Di dalam dunia usaha, produsen harus dapat menciptakan permintaan akan produk. Hal ini dapat terjadi apabila kepada konsumen diberitahukan bahwa produk yang bersangkutan telah beredar di pasar. Selain itu, kepada mereka diberi keyakinan bahwa produk mempunyai manfaat tertentu dan dapat memenuhi kebutuhan mereka, sehingga disarankan agar mereka memilikinya. Apabila permintaan yang diharapkan telah tercipta, maka permintaan itu perlu dipelihara dan dikembangkan secara teratur dan berencana. Hal ini dilakukan dengan cara selalu mengingatkan konsumen akan manfaat dari produk yang dinikmatinya.
                Sehubungan dengan hal ini, PT. Alfa Scorpii dalam usaha meningkatkan  volume penjualan dan menjaga kelangsungan hidup perusahaan, maka usaha usaha yang dilakukan adalah melaksanakan promosi dengan baik dan terprogram, yaitu dibuat secara tahunan dan dapat dituangkan dalam bentuk rencana kerja. Bentuk bentuk promosi yang dilaksankan oleh PT. Alfa Scorpii Medan meliputi: periklanan, personal selling, publisitas, dan sales promotion.
                Periklanan dapat dikatakan salah satu alat promosi yang paling kuat sehingga sering digunakan oleh suatu perusahaan untuk mengadakan komunikasi yang meyakinkan kepada konsumen karena jangkauannya lebih luas. Dalam hal ini, PT.Alfa Scorpii Medan memilih menggunakan media yang tepat dalam arti seperti surat kabar, majalah, maupun slide film. Kegiatan personal selling yang dilakukan oleh PT. Alfa Scorpii Medan ialah melalui hubungan dan kontak langsung dengan konsumen, sehingga ada komunikasi dua arah yang secara langsung dapat melihat situasi dari si pembeli. Tanggapan yang diinginkan dapat bertingkat kognitif, efektif, maupun tindakan. Dalam hal ini, salesmen merupakan ujung tombak terdepan yang akan meyakinkan masyarakat luas akan keunggulan keunggulan produk yang ditawarkan PT. Alfa Scorpii Medan dengan menghubungi calon pembeli di luar kota Medan. Dalam hal publisitas, PT. Alfa Scorpii menggunakan publisitas sebagai alat sarana promosi, walaupun dalam bentuk dan cara yang berbeda. Kegiatan ini sangat membantu perusahaan dalam mencapai sukses perusahaan dengan menciptakan dan mengadakan hubungan yang baik dengan masyarakat.
                Di samping ketiga promosi di atas yaitu periklanan, personal selling, dan publisitas, PT. Alfa Scorpii mengadakan sales promotion dalam dalam meningkatkan penjualan untuk dapat merealisasi peningkatan laba. Promosi ini dilakukan untuk merangsang masyarakat agar mau melakukan pembelian. Di dalam kegiatan sales promotion ini, perusahaan mengadakan pameran di pusat perbelanjaan, pekan raya, dan pembagian brosur. PT. Alfa Scorpii Medan dalam melakukan sales promotion juga memberikan potongan harga dan berbagai hadiah menarik, untuk menarik konsumen membeli produk tertentu  sesuai dengan kemampuan masing masing.
III.              PENUTUP
                Penelitian ini menunjukkan bahwa pada masa kini, peranan dari marketing sangat penting dimana tingkat persaingan yang semakin tajam, sehingga produsen berusaha mengetahui apa yang merupakan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam hal ini Perusahaan PT. Alfa Scorpii Medan adalah suatu perusahaan yang bergerak di bidang pemasaran sepeda motor. Perusahaan ini menggunakan kebijaksanaan promosi periklanan yaitu dengan menggunakan surat kabar, majalah, radio, televisi, bioskop, spanduk, papan reklame dan lainnya. Prasarana ini dapat dinilai baik karena surat kabar dapat dibaca atau dilihat oleh berbagai kalangan masyarakat baik yang rendah maupun tingkat menengah dan tinggi.
                Dalam menunjang keberhasilan, perusahaan memasarkan produk kepada konsumen yang umumnya mempunyai daya beli yang sangat terbatas, perusahaan mengadakan sistem kredit yang dibayarkan melalui Perbankan yang ditunjuk oleh perusahaan. Oleh karena itu, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan perlu mengadakan perluasan daerah pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan. Salah satu cara adalah dengan menempatkan agen yang bertujuan mengefisienkan waktu, biaya, maupun tenaga kerja. Juga untuk meningkatkan realisasi penjualan yang berhubungan dengan penambahan produksi tahun tahun mendatang.

Disarikan dari skripsi S1 Kebijaksanaan Promosi yang Diterapkan dalam Memasarkan Sepeda Motor Yamaha dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Alfa Scorpii Medan,
Fakultas Ekonomi, Universitas Medan Area, 1995
               

Tidak ada komentar:

Posting Komentar