LAPORAN HASIL PENELITIAN
KEBIJAKSANAAN PROMOSI YANG DITERAPKAN DALAM MEMASARKAN
SEPEDA MOTOR YAMAHA DAN PENGARUHNYA TERHADAP VOLUME PENJUALAN PADA PT. ALFA
SCORPII MEDAN
I.
PENDAHULUAN
Tujuan terakhir dari seluruh kegiatan pemasaran
adalah meningkatkan volume penjualan semaksimal mungkin. Jika produsen ingin
mencapai tujuan tersebut, salah satu faktor yang perlu diperhatikan adalah
promosi. Sebab tidak ada suatu perusahaan pun yang dapat bertahan bilamana
perusahaan itu tidak mampu memasarkan barang atau jasa yang dihasilkannya. Promosi
merupakan semua jenis kegiatan pemasaran untuk mendorong permintaan atau
mencari pembeli. Melalui promosi ini perusahaan diharapkan dapat menggunakan
berbagai sarana komunikasi untuk meyakinkan pembeli tentang produk yang
ditawarkan oleh perusahaan. Dengan kebijaksanaan ini perusahaan akan dapat
menghasilkan penjualan yang lebih meningkat, yang tentunya dapat pula
meningkatkan keuntungan perusahaannya. Berdasarkan penelitian yang dilakukan
pada PT. Alfa Scorpii Medan, ditemukan masalah yang dihadapi bahwa perusahaan
belum mampu menerapkan kebijaksanaan promosi periklanan, sehingga volume
penjualan kurang meningkat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui
kebijaksanaan promosi yang dilakukan perusahaan di dalam memasarkan barangnya,
untuk memperdalam pengetahuan penulis mengenai promosi, dan untuk meneliti serta
mengetahui masalah yang dihadapi perusahaan dalam memasarkan hasil produksinya.
II.
HASIL PENELITIAN
Kegiatan
marketing merupakan bagian terpenting dalam memanfaatkan dan menyalurkan sumber
sumber produksi/jasa yang kebanyakan terdapat di daerah pedesaan dan juga
mempercepat penyaluran sarana produksi pertanian, seperti pupuk, obat obatan,
bibit unggul, dan sebagainya. Peranan marketing sejak dulu hingga sekarang
telah mengalami perubahan, bahwa sekarang lebih dinamis, kompleks, dan luas.
Dalam kegiatan promosi, termasuk usaha perusahaan untuk memperkenalkan produk,
meyakinkan, dan mengingat kembali produk kepada pembeli sehingga tergerak hati
mereka untuk membeli produk secara sukarela.
Kegiatan
promosi ini meliputi aktivitas yang erat kaitannya dengan periklanan, personal
selling, publisitas dan promosi penjualan. Sehingga dengan demikian diharapkan
volume penjualan barang atau jasa dapat ditingkatkan. Oleh karena luasnya ruang
lingkup kegiatan promosi suatu perusahaan, maka dalam kegiatan komponen ini
harus direncanakan, diarahkan, dan dikendalikan dengan baik secara terus
menerus. Di dalam dunia usaha, produsen harus dapat menciptakan permintaan akan
produk. Hal ini dapat terjadi apabila kepada konsumen diberitahukan bahwa
produk yang bersangkutan telah beredar di pasar. Selain itu, kepada mereka
diberi keyakinan bahwa produk mempunyai manfaat tertentu dan dapat memenuhi
kebutuhan mereka, sehingga disarankan agar mereka memilikinya. Apabila
permintaan yang diharapkan telah tercipta, maka permintaan itu perlu dipelihara
dan dikembangkan secara teratur dan berencana. Hal ini dilakukan dengan cara
selalu mengingatkan konsumen akan manfaat dari produk yang dinikmatinya.
Sehubungan
dengan hal ini, PT. Alfa Scorpii dalam usaha meningkatkan volume penjualan dan menjaga kelangsungan
hidup perusahaan, maka usaha usaha yang dilakukan adalah melaksanakan promosi
dengan baik dan terprogram, yaitu dibuat secara tahunan dan dapat dituangkan
dalam bentuk rencana kerja. Bentuk bentuk promosi yang dilaksankan oleh PT.
Alfa Scorpii Medan meliputi: periklanan, personal selling, publisitas, dan
sales promotion.
Periklanan dapat dikatakan salah
satu alat promosi yang paling kuat sehingga sering digunakan oleh suatu
perusahaan untuk mengadakan komunikasi yang meyakinkan kepada konsumen karena
jangkauannya lebih luas. Dalam hal ini, PT.Alfa Scorpii Medan memilih
menggunakan media yang tepat dalam arti seperti surat kabar, majalah, maupun
slide film. Kegiatan personal selling yang dilakukan oleh PT. Alfa Scorpii
Medan ialah melalui hubungan dan kontak langsung dengan konsumen, sehingga ada
komunikasi dua arah yang secara langsung dapat melihat situasi dari si pembeli.
Tanggapan yang diinginkan dapat bertingkat kognitif, efektif, maupun tindakan.
Dalam hal ini, salesmen merupakan ujung tombak terdepan yang akan meyakinkan
masyarakat luas akan keunggulan keunggulan produk yang ditawarkan PT. Alfa
Scorpii Medan dengan menghubungi calon pembeli di luar kota Medan. Dalam hal
publisitas, PT. Alfa Scorpii menggunakan publisitas sebagai alat sarana
promosi, walaupun dalam bentuk dan cara yang berbeda. Kegiatan ini sangat
membantu perusahaan dalam mencapai sukses perusahaan dengan menciptakan dan
mengadakan hubungan yang baik dengan masyarakat.
Di
samping ketiga promosi di atas yaitu periklanan, personal selling, dan publisitas,
PT. Alfa Scorpii mengadakan sales promotion dalam dalam meningkatkan penjualan
untuk dapat merealisasi peningkatan laba. Promosi ini dilakukan untuk
merangsang masyarakat agar mau melakukan pembelian. Di dalam kegiatan sales
promotion ini, perusahaan mengadakan pameran di pusat perbelanjaan, pekan raya,
dan pembagian brosur. PT. Alfa Scorpii Medan dalam melakukan sales promotion
juga memberikan potongan harga dan berbagai hadiah menarik, untuk menarik
konsumen membeli produk tertentu sesuai
dengan kemampuan masing masing.
III.
PENUTUP
Penelitian
ini menunjukkan bahwa pada masa kini, peranan dari marketing sangat penting
dimana tingkat persaingan yang semakin tajam, sehingga produsen berusaha
mengetahui apa yang merupakan kebutuhan dan keinginan konsumen. Dalam hal ini
Perusahaan PT. Alfa Scorpii Medan adalah suatu perusahaan yang bergerak di
bidang pemasaran sepeda motor. Perusahaan ini menggunakan kebijaksanaan promosi
periklanan yaitu dengan menggunakan surat kabar, majalah, radio, televisi,
bioskop, spanduk, papan reklame dan lainnya. Prasarana ini dapat dinilai baik
karena surat kabar dapat dibaca atau dilihat oleh berbagai kalangan masyarakat
baik yang rendah maupun tingkat menengah dan tinggi.
Dalam
menunjang keberhasilan, perusahaan memasarkan produk kepada konsumen yang
umumnya mempunyai daya beli yang sangat terbatas, perusahaan mengadakan sistem
kredit yang dibayarkan melalui Perbankan yang ditunjuk oleh perusahaan. Oleh
karena itu, dalam penelitian ini dapat disimpulkan bahwa perusahaan perlu mengadakan
perluasan daerah pemasaran untuk meningkatkan volume penjualan. Salah satu cara
adalah dengan menempatkan agen yang bertujuan mengefisienkan waktu, biaya,
maupun tenaga kerja. Juga untuk meningkatkan realisasi penjualan yang
berhubungan dengan penambahan produksi tahun tahun mendatang.
Disarikan
dari skripsi S1 Kebijaksanaan Promosi yang Diterapkan dalam Memasarkan Sepeda
Motor Yamaha dan Pengaruhnya Terhadap Volume Penjualan Pada PT. Alfa Scorpii
Medan,
Fakultas
Ekonomi, Universitas Medan Area, 1995
Tidak ada komentar:
Posting Komentar